Pengertian Debit, Arti Debit, Makna Debit

Pengertian debit adalah uang yang harus ditagih dari orang lain. Atau dengan kata lain, debit adalah piutang. Dalam konteks akuntansi, definisi debit atau pengertian debit adalah; catatan pada pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban, dengan kata lain jumlah yang mengurangi depositeo pemegang rekening pada banknya.Sebagai contoh debit, dari pengalaman saya, ketika saya melakukan penarikan uang dari bank tertentu, beberapa saat kemudian saya mendapat SMS pemberitahuan seperti ini;
<DEBIT Rp. 1.250.000,00 pada rek 1 TB xxx123 tgl 12/11/2012, jam 12:33:44- Jika transaksi ...dst*
SMS tadi memberitahukan kepada saya bahwa telah terjadi transaksi penarikan uang dari rekening saya. Dan memang benar, karena beberapa waktu sebelumnya saya telah melakukan penarikan uang sejumlah 1.250.000 dari ATM. Jadi dari contoh itu, pengertian debit menjadi lebih mudah untuk diingat. Masih dalam konteks akuntansi, pengertian debit merupakan lawan kata dari kredit. Namun, pengertian debit tidak terbatas disitu saja, karena makna debit yang lainnya juga ada. Yakni definisi debit sebagai volume air yang mengalir dari suatu saluran melalui penampang lintang tertentu dalam satuan waktu. Nah sampai disini, semoga informasi mengenai pengertian debit diatas bisa berguna bagi anda. *NB: tanggal dan jam dari SMS laporan transaksi saya ubah sedikit untuk alasan keamanan. Namun ini tidak mempengaruhi sedikitpun informasi mengenai pengertian debit atau arti debit yang telah kita bahas di muka.

Tidak ada komentar