Hotel, Pengertian Hotel, Jenis Hotel

Siapa yang tidak tahu hotel? Hampir setiap kota pasti punya tempat penginapan yang satu ini. Tapi apakah pengertian hotel hanya sebatas tempat bermalam saja? Nyatanya tidak. Hotel sekarang telah berkembang dalam banyak hal, baik dari sisi jenis, karakteristik, pelayanan, dan sebagainya. Berikut kami punya info lengkap mengenai pengertian dan klasifikasi hotel. pengertian hotel Pengertian Hotel Secara Definitif Secara definitif, pengertian hotel adalah suatu jenis bangunan yang dirancang khusus sebagai tempat yang menyediakan jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan juga minuman, serta tidak ketinggalan fasilitas-fasilitas yang lainnya. Tentu saja semua hal tersebut bias dinikmati oleh masyarakat umum. Masyarakat umum yang dimaksud adalah orang yang menginap dan menjadi tamu hotel tertentu tersebut atau bias jadi hanya mendatangi untuk sebuah acara. Anda mungkin pernah mendatangi undangan pernikahan atau rapat di sebuah hotel, menikmati sajian, dan hiburan tapi tidak perlu menginap di hotel tersebut. Hampir semua hotel memiliki jam operasi selama 24 jam setiap harinya tanpa ada libur dalam menyediakan pelayanannya bagi pelanggan dan masyarakat umum. Pegawai hotel biasanya bekerja secara bergantian (shift) agar pelayanan hotel terus berjalan. Dan untuk menjaga kepuasaan pelanggan, pegawai dituntut memberikan pelayanan terbaiknya. Ini karena kelangsungan hotel sangat tergantung oleh kepuasaan dan banyaknya pelanggan yang datang serta memanfaatkan fasilitas hotel tersebut. Jenis Hotel Berdasarkan ciri atau sifat hotel yang melekat, hotel bisa dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu:
  1. City Hotel
Sesuai namanya, ini adalah jenis hotel yang berada di perkotaan dan diperuntukkan untuk masyarakat yang hendak tinggal sementara, misalnya pebisnis yang dalam perjalanan bisnis. Karena itu city hotel disebut juga transit hotel.
  1. Residential Hotel
Pengertian hotel yang satu ini, biasanya berlokasi di daerah pinngiran kota yang jauh dari keramaian dan ditujukan bagi orang-orang yang berkeinginan untuk tinggal dalam rentang waktu yang cukup lama, misalnya keluarga yang tengah liburan panjang.
  1. Hotel Resor
Hotel resor biasanya memilih lokasi di daerah pengunungan ataupun tepi pantai dan tempat-tempat yang dekat dengan obejek wisata.
  1. Motel (Motor Hotel)
Ini adalah jenis hotel yang paling mudah ditemui, biasanya ada di sepanjanga jalan raya yang menghubungkan antar kota besar. Itulah pengertian hotel dan jenis hotel yang patut Anda ketahui.

Tidak ada komentar